Rabu, 03 Maret 2010

Mari Mengenal BlackBerry


BlackBerry saat ini sedang naik daun. Obama Presiden Amerika tetep ngotot untuk memakai BlackBerry ketika telah resmi berkantor di gedung putih. Selebriti tanah Air pun tak sedikit yang memakai BlackBerry sebut saja Luna maya dan Sandra dewi , saya melihatnya waktu mereka membawakan acara DAHSYAT dan DERINGS dan Bapak Presiden kita juga diketahui juga memakai BlackBerry.
Kalau saat ini anda berjalan di pusat perbelanjaan di kota besar, bukan mustahil anda akan menemukan pengguna BlackBerry. Agar lebih menarik pengguna BlackBerry biasanya menghias BlackBerry-nya dengan silicon case yang berwarna-warni, seperti Hijau, Biru dan Merah Darah.
Kalau anda merasa awam tentang BalckBerry silahkan membaca tulisan ini sampai tuntas. Sebenarnya saya bukan ahli BlackBerry dan saya-pun bukan pengguna BlackBerry, mengajak anda untuk mengenal BlackBerry. Biar lebih mudah dipahami saya menyajikannya dengan tanya jawab.
Apakah BlackBerry Itu ?
BlackBerry dilahirkan dan dikembangkan oleh Research In Motion atau (RIM)sebuah perusahaan yang bermarkas di Kanada, sebaiknya kita membagi pembahasan ini mejadi dua hal. Kita akan membahas keunggulan BlackBerry yang pertama Kita akan membahas push email dan handheld bermerek BlackBerry.

Seperti Apa Wujud Push Email ?
Kalau diterjemahkan kata per-kata push email berarti email dorong, Sebagian teman saya berusaha menerjemahkan kata itu menjadi email gegas. Dengan push email, email yang masuk akan didorong ke perangkat yang anda miliki.

Apa Perbedaan Antara Push Email Dengan Email Biasa ?
Perbedaan utama terletak pada cara penyampaian email. Email biasa dalam konteks ini bisa disebut pull email. Email itu harus ditarik dulu oleh pengguna, anda misalnya harus online dulu baru bisa melihat apa ada email yang baru masuk . kalau ada, anda harus membuka dan men-download-nya.
Push email tidak seperti itu, kalau ada email yang masuk email itu langsung diteruskan keperangkat yang anda gunakan. Anda tak perlu rutin mengecek email baru masuk. Bayangkan push email seperti SMS. Begitu ada SMS, SMS tersebut langsung masuk ke ponsel anda?

Ada Berapa Macam Ponsel BlackBerry ?
Pengemar BlackBerry biasanya tidak mau kalau perangkat BlackBerry-nya disebut Ponsel. “Ini Bukan Ponsel, ini BlackBerry” kata mereka.
Hingga saat ini Research In Motion telah memasarkan banyak type BlackBerry dilihat dari metode input-nya BlackBerry dapat dibagi menjadi Tiga macam. Pertama,menggunkan QWERTY Keypad. Kedua memakai Suretype sekarang perhatikan ponsel anda yang bukan menggunakan QWERTY Keypad. Ada tiga huruf dalam satu tombol, bukan? Tombol angka 2 mewakili A,B dan C. Pada perangkat Suretype satu tombol hanya mewakili dua huruf. Misalnya, suatu tombol mewakili hutuf Q dan W.
Untuk berpindah satu icon ke icon lain atau mengerakan (scroll) tampilan layar. Tentu diperlukan tombol gulir, ada dua tombol gulir yang ditetapkan di BlackBerry.
BlackBerry keluaran lama menggunakan roda yang diberi nama (Track Wheel). Roda ini dapat digerakan kemana saja termasuk ditekan.
Kebanyakan perangkat BlackBerry tidak menggunkan layar sentuh. BlackBerry generasi baru Contohnya, Bold dan Javelin pun tidak di bekali layar sentuh. Di Indonesia Bold laku keras dan menurut saya mampu mengalahkan gengsi Nokia E90 Communicator.

Bisa Apa Saja Dengan BlackBerry ?
Push email dan fungsi lain yang berhubungan dengan Messaging merupakan kegunaan utama BlackBerry, pengguna BlackBerry misalnya bisa Chatting Via Yahoo! Messanger sesama BlackBerry juga bisa Chatting Via BlackBerry Messanger.
Sampai pada poin ini anda pasti akan bilang “Ponsel saya juga bisa untuk ber-email”Ungkap anda.
Benar sekali ponsel di bawah satu juta juga ada yang bisa di pakai untuk ber-email contohnya Sony Ericsson K510i dan Nokia 2600 Classic itu sebagian Ponsel yang teman saya punya dan saya coba ternyata bisa. Kalaupun bisa kenyamanannya sangat jauh berbeda dengan BlackBerry. Hal yang sangat membedakan adalah pada saat menerima ratusan email dan Yahoo Messanger selalu aktif, Baterai BlackBerry Berharga jual Rp.1 Juta terbukti lebih tahan lama ketimbang ponsel berharga jual Diatas Rp.5 Juta.

0 komentar:


Powered by Blogger and Supported by Home Designs